Selasa, 01 November 2016

Good Practice



BLOG GURU DAPAT MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN SISWA PADA WEB SEKOLAH
Oleh. Budi Supendi

A.    Identifikasi Masalah

PAMS BWI (Program Akselerasi Mutu Sekolah Berwawasan Internasional) merupakan sekolah yang sudah memenuhi seluruh Standar Nasional Pendidikan dan diperkaya dengan indikator-indikator tambahan lain, dengan mengadaptasi beberapa karakteristik sekolah/ madrasah bertaraf internasional. 
Secara khusus program PAMS BWI tersebut adalah sekolah-sekolah yang sudah masuk dalam katagori Sekolah Standar Nasional (SSN), yaitu sekolah yang hampir atau telah memenuhi kriteria minimal 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan dengan Indikator Kinerja Kunci Minimal (IKKM), yaitu: (1) Standar Kompetensi Lulusan (SKL), (2) Standar Isi, (3) Standar Proses, (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (5) Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan, (6) Standar Pengelolaan Pendidikan, (7) Standar Pembiayaan, dan (8) Standar Penilaian. Kemudian  melalui PAMS BWI  sekolah-sekolah tersebut dikembangkan untuk memiliki indikator tambahan yang disebut dengan Indikator Kinerja Kunci Tambahan (IKKT) sebagai karakter sekolah berwawasan Internasional.
IKKT merupakan pengembangan dari Standar Nasional Pendidikan, misalnya dalam Standar Proses: (1) Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat mengakomodir pembelajaran High Order Thinking  Skill (HOTS), (2) Pembelajaran berbasis Informasi dan Teknologi (IT), (3) Pembelajaran memungkinkan dilakukan melalui fasilitas internet (e-leraning) dalam mengakses materi pembelajaran, memberi atau mengirim tugas dan atau melakukan pembelajaran secara on line chatting, (4) Sekolah memiliki website, (5) Mengembangkan lesson study sebagai bagian peningkatan mutu proses pembelajaran. Lesson study  yang dikembangkan adalah berbasis saintifik; (6) Menerapkan model-model dalam pengembangan proses pembelajaran;dll.
Pada prinsipnya sekolah PAMS BWI harus bisa memberikan jaminan mutu pendidikan dengan standar yang lebih tinggi dari Standar Nasional Pendidikan dengan tetap mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang ada di sekolah.
Guru memiliki peranan sangat penting dalam dunia Pendidikan, untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mempesiapkan siswa sehingga menghasilkan  lulusan siswa yang berkualitas. Blog yang dibuat oleh guru akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa sekaligus bagi guru. Oleh karena itu, guru dan siswa akan membiasakan diri  menggunakan  internet yang dapat dijadikan sebagai sarana prasaran proses pembelajaran untuk melayani para siswa. Kegiatan PAMS yang dilakukan oleh LPMP, justru lebih menuntut Guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam bidang IT dan mutu Sekolah yang sekaligus berdampak pada keaktifan para siswa untuk berkunjung dan selalu melihat blog guru melalui web sekolah, sehingga siswa mudah mendapatkan informasi yang menjadi kebutuhan dan kepentingannya.

B.     Rumusan Masalah
Apakah blog guru dapat meningkatkan jumlah kunjungan siswa untuk melihat dan berkunjung ke Blog Guru melaui Web Sekolah.

C.     Strategi Pemecahan Masalah
1.      Guru dapat menginformasikan kepada semua siswa untuk mengerjakan tugas, melihat materi dan penilaian di blog guru.
2.      Sekolah harus memfasilitasi sarana dan prasarana internet yang bisa mengakses bagi semua siswa.

D.    Hasil yang Dicapai
Siswa lebih aktif dan selalu update melihat dan berkunjung ke blog guru melalui Web Sekolah sehingga siswa mudah mendapatkan informasi tentang Tugas, materi, penilaian yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, blog guru dapat menarik simpatik dan dapat memotivasi para siswa untuk selalu melihat dan berkunjung ke Web Sekolah.